Pascasarjana Fisika FMIPA UNRI

Magister Fisika

Hasil Evaluasi Dosen dan Mahasiswa

Evaluasi dosen oleh mahasiswa tentang kepuasan mereka dalam mendapatkan layanan oleh dosen dimulai dari pertanyaan kejelasan penyampaian materi dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas sampai dengan penguasaan dosen terhadap isu-isu mutakhir dalam bidang yang diajarkan, yang secara keseluruhan terdapat 10 indikator kepuasan. Penilaian rata-rata oleh mahasiswa ini terhadap dosen berada dalam rentang 3,01 sampai dengan 3,24 (skor 0 – 4) berdasarkan PS yang terdapat di masing-masing Jurusan dalam interval tahun 2020 sampai dengan tahun 2022.

Evaluasi Mahasiswa Terhadap Kepuasan Layanan Akademik

Evaluasi dosen oleh mahasiswa Magister Fisika terhadap 10 indikator kepuasan

Keterangan :

1 : Kejelasan penyampaian materi dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas
2 : Kemampuan memberi contoh relevan dari konsep yang diajarkan
3 : Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan bidang/topik lain
4 : Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan konteks
kehidupan
5 : Kemampuan menjelaskan pokok bahasan/topik secara tepat
6 : Keteraturan dan ketertiban penyelenggaraan perkuliahan
7 : Menyampaikan tujuan pembelajaran setiap topik perkuliahan
8 : Penggunaan alat bantu (media) pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman
terhadap materi kuliah
9 : Penggunaan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas perkuliahan
10 : Penguasaan akan isu-isu mutakhir dalam bidang yang diajarkan

Hasil Kepuasan Dosen Terhadap Pelayanan Fakultas

Penilaian oleh dosen terhadap layanan fakultas yang diterima selama menjalankan tugas selama 3 tahun, 2020, 2021 dan 2022, disajikan pada gambar berikut.

Keterangan :

(1) Institusi atau pimpinan memberikan kesempatan untuk pelatihan/workshop/seminar,
(2) Penghargaan dari institusi atau pimpinan terhadap kinerja dosen,
(3) Beban tugas mengajar terbagi secara merata,

(4) Akses mendapatkan fasilitas perpustakaan untuk proses belajar mengajar,
(5) Kenyamanan di ruang kerja,
(6) Kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan administrasi tenaga kependidikan (karyawan),
(7) Kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan tenaga analis di laboratorium,
(8) Kualitas dosen terhadap kualitas pelayanan tenaga perpustakaan,
(9) Bantuan institusi atau pimpinan untuk mendapatkan informasi penelitian,
(10) Bantuan institusi atau pimpinan untuk mendapatkan sumber pendanaan penelitian,
(11) Bantuan institusi atau pimpinan untuk memfasilitasi publikasi penelitian,
(12) Akses mendapatkan fasilitas laboratorium untuk melakukan penelitian,
(13) Bantuan institusi atau pimpinan untuk mendapatkan informasi pengabdian,
(14) Kesempatan yang diberikan institusi atau pimpinan untuk meningkatkan kualitas pengabdian
dosen dan
(15) Penghargaan yang diberkan institusi atau pimpinan terhadap kinerja pengabdian dosen. mengajar terbagi secara merata,